USB 3.0 Promoter Group, sebuah konsorsium gabungan Apple, Intel, HP, Microsoft dan perusahaan lain, baru saja mengumumkan spesifikasi untuk teknologi baru USB 3.2. Teknologi ini akan meningkatkan kecepatan transfer data hingga dua kali lipat.

USB 2707201705

USB 3.2 dibuat dengan peningkatan kecil yang membuat beberapa lajur di dalamnya dapat dipakai bersamaan (multi-lane operation), baik pada sisi host maupun sisi device. Dengan cara demikian diharapkan kecepatan transfer data dapat meningkat mengikuti jumlah lajur yang aktif.

Sebagaimana dilansir dari ArsTechnica, pada Kamis 27 Juli 2017, kecepatan transfer data, salah satunya bergantung pada protokol yang disematkan di kabel dan port USB.

Rata-rata kabel dan port memiliki empat pasang kawat yang berfungsi sebagai lajur pemindahan data. Protokol ThunderBolt3, menggunakan empat pasang kawat itu secara bergantian, sedangkan USB 3.1 hanya menggunakan dua pasang saja untuk mengirim dan menerima data.

Namun dengan teknologi USB 3.2, keempat pasang kawat tersebut dapat digunakan secara bersamaan, sehingga meningkatkan kinerja perpindahan data. Kecepatan yang dijanjikan dapat naik hingga dua kali lipat.

Artinya, jika teknologi USB 3.2 ini disematkan kelas USB 3.1 generasi 1 (5 Gbps), maka kecepatan pemindahan data dapat mencapai 10 Gbps. Jika kabelnya diganti memakai kelas USB 3.1 generasi 2 (10 Gbps), maka kecepatan transfernya dapat mencapai hingga 20 Gbps.

banner

Meskipun meningkatkan kecepatan pemindahan data, USB 3.2 hanyalah sebuah perubahan kecil. Cara pemberian kode dan transmisi data tidak akan ada perubahan.

Saat ini, spesifikasi utuh untuk USB 3.2 masih dalam proses penyelesaian. Konsorsium baru akan mengumumkannya di bulan September 2017 mendatang.

Advertisements