Dengan melatih otot dasar panggul lewat senam kegel sesering mungkin, seorang wanita bisa lebih mudah mengendalikan kontraksi otot vaginanya. Para ahli mengatakan bahwa dampak positif yang dapat dirasakan dari hal tersebut adalah kualitas seks yang lebih baik serta proses persalinan yang lancar.

PO 0705201703
Menurut dr Lucky Savitry W, SpOG(K), dari RSUP Persahabatan wanita dapat mengetahui apakah dirinya sudah mengalami pelemahan otot panggul dengan tes sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Ketika sedang buang air kecil cukup coba menahan aliran urine yang deras.
“Tahan kontraksikan otot-otot dasar panggul hitung sampai dengan lima detik terus lepas. Cobalah berapa kali tergantung kemampuan kita, awal-awal mungkin sampai 10 kali tapi nanti terus tingkatkan frekuensinya,” kata dr Lucky.
Terkait hal tersebut agar senam kegel menjadi lebih menarik sebuah perusahaan di Prancis mengembangkan sebuah aplikasi dan alat baru bernama Perifit. Dikembangkan bersama dengan fisioterapis Perifit menyediakan lima program latihan untuk otot panggul yang berbeda.
Artem Rodionov yang merupakan salah satu penemu mengatakan bahwa Perifit dibuat untuk memudahkan wanita mengerti bagaimana caranya melakukan senam kegel. Lewat alat sensor yang dimasukkan ke dalam vagina, pemakainya bisa mencari tahu apakah gerakan yang dilakukan sudah benar atau tidak dari jalannya program permainan.
Tonyasia (11)
“Perifit merupakan sensor nirkabel untuk otot dasar panggul yang terhubung dengan smartphone Anda. Cara kerjanya adalah mengukur seberapa besar tekanan yang keluar ketika Anda mengkontraksikan otot panggul dan menerjemahkannya ke smartphone Anda,” kata Artem Rodionov dalam situs crowd funding indiegogo.
Tiap program latihan dipenuhi dengan permainan yang unik. Sebagai contoh game dimana pengguna diminta mengendalikan seekor kupu-kupu mengoleksi kristal-kristal di udara.
Advertisements